Mengenali Penyebab Sakit Leher

Sumber: alodokter.com 

Sakit leher bukan hal yang asing lagi buat kita. Kamu mungkin sering mengalami sakit leher dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti ketika sedang bekerja atau bagun dari tidur. Tapi, sebenarnya apa itu sakit leher? Menurut hellosehat.com sakit leher adalah kondisi nyeri, sakit atau rasa tidak nyaman di bagian leher atau di sekitar leher. Kondisi ini terjadi ketika tulang belakang, persendian di antara tulang belakang dan jaringan lunak seperti urat, otot dan ligamen mengalami luka.

Apa saja penyebab sakit leher? Beberapa penyebab sakit leher yang utama adalah mendapatkan cedera serius dari kecelakaan atau terjatuh, tidur dengan kodisi postur yang tidak nyaman, melakukan kegiatan sehari-hari dengan postur tidak nyaman dalam jangka waktu yang panjang, rematik, otot leher keseleo dan peradangan spndilitas. Penyebab sakit leher lainnya adalah osteoarthritis, ini adalah penyakit yang membuat sendi terasa nyeri dan kaki. Osteoarthritis biasanya disebut dengan pengapuran sendi dan salah satu titik munculnya adalah pada bagian leher. Selain itu, penyebabnya adalah kanker yang berhubungan dengan tulang belakang, infeksi osteomielites pada sumsum tulang belakang dan penyempitan pembuluh darah di sekitar tulang belakang. 

Lalu, apa saja faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami sakit leher? Beberap faktor yang dapat meningkatkannya adalah postur tubuh yang buruk, riwayat penyakit yang berhubungan dengan tulang belakang, negalami sakit di sekitar leher dan cedera pada bagian leher. 

Dilansir dari halodoc.com terdapat beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan sakit leher seperti meningitis, yaitu peradangan pada selaput pelindung yang menyelimuti otak dan sumsum tulang belakang, flu yang dapat membuat seluruh tubuh terasa sakit termasuk pada bagian leher, rheumatoid arthritis, yaitu kondisi saat terjadi peradangan kronis pada persendian dan fibromyalgia, yaitu kondisi yang menyebarkan rasa sakit pada otot dan jaringan lunak tubuh. 

Bagaimana dengan pengobatan sakit leher? Pengobatan dari penyakit ini tergantung oleh penyebab sakit leher yang diderita. Beberapa pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan latihan, peregangan atau terapi fisik, terapi es dan panas, mengonsumsi obat pereda nyeri, suntuk kortikosteroid dan operasi. Operasi merupakan pengobatan yang jarang dilakukan dan hanya dilakukan pada kasus yang sudah sangat serius. Selain melakukan pengobatan, kamu juga dapat melakukan pencegahan sakit leher dengan menghindari memakai kasur yang terlalu lunak agar posisi leher tidak bengkok ketika tidur, melakukan peregangan secara teratur, mengindari menjepit telepon antara telinga dan bahu, menghindari posisi tidur dengan tengkurap dan mencari posisi dan postur tibuh yang baik ketika duduk, berdiri dan tidur. 

Dilansir dari alodokter.com terdapat beberapa cara mengurangi sakit leher belakang, yaitu dengan melakukan langkah-langkah seperti berikut.

  1. Berendam menggunakan larutan garam mandi

Larutan garam mandi dapat membantu melemaskan otot yang kaki, melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi stres. Berendam juga akan menenangkan pikiran. 

  1. Menggerakkan otot leher

Lakukan gerakan melingkar agar otot yang sakit dapat direnggangkan. Kemudian variasikan dengan gerakan ke depan, ke belakang, ke kiri dan ke kanan. Sedikit demi sedikit rentang gerak otot leher akan semakin membaik. 

  1. Pijat

Ini dapat membantu meringankan otot leher belakang yang tegang. Pijat juga bermanfaat menghilangkan rasa sakit, walau hanya dalam jangka pendek. 

  1. Perbaiki  posisi tidur

Salahnya posisi tidur merupakan penyebab dari sakit leher. Dengan memperbaiki posisi tidur dengan menggunakan bantal yang tidak terlalu tinggi serta pertahankan posisi tidur agar kepala tidak terlalu terangkat tinggi dapat menghindari leher dari rasa sakit. Itulah yang dapat kamu ketahui dari penyebab sakit leher dan cara mengatasinya.